Tahun ini semakin menua,
tapi masih banyak di antara kita
yang belum melaksanakan janji-janji
tahun baru mereka. 

Mereka belum mencoba,
karena masih banyak alasan dan sebab,
tapi yang utama adalah karena mereka takut salah.

Padahal,

Rasa takut membuat kesalahan
adalah kesalahan utama yang menjadikan
banyak orang menua tanpa memampu.

Cara terbaik untuk memulai, adalah mulai.

Mario Teguh

=======================================

Untuk yang merindukan terobosan: 

Tuhanku Yang Membangkitkan,

Jelaskanlah pengertianku mengenai
sikap dan pendapatku yang selama ini
menghalangiku dari menjadi pribadi
yang diterima, disukai, dan dipercayai
oleh lingkunganku.

Bebaskanlah aku dari perilaku
yang mempersulit pertumbuhanku sendiri.

Mudahkanlah bagiku untuk merasa ikhlas
meninggalkan sikap dan kebiasaan
yang tak berdampak bagi kebaikan nasibku.

Aamiin

===========================

Tuhan menganugerahkan
kebebasan kepada kita,
untuk memilih jalan hidup
sebagai pribadi yang baik,
yang pantas bagi kedamaian
dan bagi rezeki yang baik. 

Karena Tuhan Maha Adil,
Dia menganugerahkan kebebasan
dengan sepenuhnya,
termasuk untuk tidak mematuhi kebaikan.

Yang tidak dibebaskan-Nya,
adalah kehidupan yang gerah,
gelisah, penuh kemarahan,
bagi orang yang memilihkan
yang tidak baik bagi dirinya.

Mario Teguh

======================

KETERBATASAN BUKANLAH BATASAN 

Keterbatasan adalah tanda
bahwa kemampuan kita masih berada
di bawah keharusan kita.

Jika kemampuan kita naik,
maka kita akan naik melampaui batasan lama kita,
dan menemui batasan baru.

Maka pasanglah wajah yang baik,
dan hadapilah keterbatasan Anda yang sementara itu.

=================================

Kepalsuan yang paling berbahaya
adalah kepalsuan kepada diri sendiri. 

Orang yang sudah mengetahui
apa yang harus dilakukannya,
tapi tidak melakukannya
adalah orang yang berlaku palsu
kepada dirinya sendiri.

Dan lebih buruk lagi kepalsuannya,
jika dia mengarang alasan
untuk mendustai dirinya sendiri.

Kejujuran kepada diri sendiri,
adalah awal dari semua perbaikan.

Mario Teguh

=======================

Kita telah bekerja keras
untuk menyenangkan orang lain,
maka hari Minggu adalah kesempatan terbaik
untuk membahagiakan anak-anak. 

Satu-satunya cara untuk menumbuhkan
seorang anak yang baik adalah menjadikannya
seorang anak yang berbahagia.

Dan satu-satunya cara
untuk menjadikannya berbahagia adalah
menjadikan diri Anda seorang dewasa
yang bersikap baik kepadanya.

==========================

Untuk yang rindu
menghebatkan hidup: 

Tuhanku Yang Maha Kuasa,

Aku mohon ijin kepada-Mu
untuk tidak lagi berupaya menyesuaikan diri
dengan kelemahan hidup.

Ijinkanlah kebosananku ini
mentenagai ketegasanku untuk meninggalkan
kelemahan hati dan kemalasan ototku.

Ijinkanlah perasaan rendahku ini
menjadi fondasi kekayaan jiwa dan ekonomiku.

Tuhan, damaikan dan sejahterakanlah
aku dalam seutuh-utuhnya arti.

Aamiin

===========================

Pribadi sederhana yang
kemudian menjadi pribadi yang damai,
sejahtera, dan cemerlang,
adalah selalu pribadi yang tetap belajar dan bekerja,
melalui perasaan minder dan terpinggirkan. 

Apakah yang lebih manis
daripada keberhasilan menerobos
ketidak-percayaan dan perendahan dari orang lain?

===============================

Ooh … engkau sedang bersedih hati? 

Hmm …
memang pengabaian itu pedih,
tapi jika dalam hening
engkau memperhatikan rasa hatimu,
sesungguhnya rasa sedih itu nikmat,
yang nikmatnya mencandui.

Maka berhati-hatilah engkau
di dalam kesedihanmu.

Kesedihanmu itu adalah rasa
yang seharusnya mendewasakanmu,
dan yang menjadikanmu lebih bijak,
bukan penurun kelasmu sebagai manusia.

Mario Teguh

==============================

Dia yang berbahagia hari ini,
adalah yang mengutamakan cinta
sebagai isi hatinya,
dan menggunakannya untuk melembutkan
perilakunya kepada keluarga dan orang lain. 

Dan rasa sakit yang paling menyayat,
dirasakan oleh dia yang disakiti
oleh yang paling dicintainya.

Cinta adalah pemulia kehidupan.

Marilah kita mendoakan
bagi kebaikan mereka yang dianiaya
atas nama cinta.

Mario Teguh

===========================

Bagi bayi,
perubahan untuk menjadi pribadi
yang kuat dan mandiri
adalah sebuah proses yang alamiah. 

Tapi, segera setelah dia mendewasa
dan mulai berpikir mandiri,
dia mulai mempertahankan sikap
dan pikiran yang menghentikannya
dari perubahan.

Kita semua menua,
tapi tidak setiap orang menua dengan bijak.

Janganlah menua dengan cara
yang mempersulit perubahan.

Mario Teguh

=====================

Untuk yang merindukan perubahan: 

Tuhanku Yang Maha Pemurah,

Aku mungkin berhasil menyembunyikan
rasa letihku dengan senyum di wajahku,
tapi Engkau tahu hatiku letih,
dadaku berat dengan pertanyaan tak berjawab,
dan mataku nanar berpasir
menunggu perbaikan
pada keberuntunganku.

Tuhan, kumohon Engkau
menuntunku menuju kebaikan.

Selamatkanlah jiwa kecintaan-Mu ini.

Barukanlah keberuntunganku.

Aamiin

===============================

Pak Mario,
mengapa aku belum ketemu jodoh? 

Ijinkan aku bertanya ya?

Apakah engkau anggun dalam kemarahanmu,
lebih mendahulukan kegembiraan orang lain
daripada keinginanmu untuk diperhatikan,
mementingkan masa depan yang baik
daripada kesenangan sementara,
apakah engkau setia?

Apakah engkau akan memuliakannya
atau hanya melukainya?

Hmm … sesungguhnya hatimu tahu.

Mario Teguh

=============================

Sahabat Indonesia yang super, 

Menggunakan Personal ID
membantu Anda mengkristalkan
kualitas apa saja yang harus
Anda bangun dan tampilkan,
sehingga orang lain mengetahui
secara persis apa yang bisa
dipercayakannya kepada Anda.

Personal ID juga mengindikasikan
nilai dari dan misi kehidupan Anda.

Anda pribadi pilihan,
maka tampillah yang sesuai.

Mario Teguh

========================

Pak Mario,
mengapakah ikhlas itu sulit? 

Dengarkan ini,

Memasuki kandang harimau
yang sedang kesal sama istrinya,
adalah perilaku yang buruk bagi
kesehatanmu.

Apakah engkau mengerti peringatan itu?

Ya

Apakah engkau ikhlas untuk patuh
dan tidak memasuki kandang itu?

Ya

Apakah itu sulit?

Tidak

Jadi, ikhlas itu sulit hanya bagi orang
yang tidak mempercayai yang baik baginya.

Mario Teguh

=============================

Siapa pun yang berupaya
menggembirakan jiwa yang dicintainya,
akan menjadi mampu; 

bukan karena dia kuat dan berwenang,
tapi karena Tuhan memampukan
orang yang mendahulukan kebahagiaan orang lain.

Anda yang mengutamakan
kebahagiaan keluarga dan sahabat,
sesungguhnya telah menyerahkan
peran pembahagiaan diri Anda
kepada Tuhan.

Itulah ikhlas.

Mario Teguh

========================

Untuk yang galau
tentang masa depannya: 

Tuhanku Yang Maha Mengetahui,

Aku mengerti mengapa sepertinya
aku sama sekali tak mendengar jawaban-Mu
mengenai pertanyaan tentang masa depanku.

Itu pasti karena Engkau telah melihat
masa depanku yang baik,
karena akhirnya aku bangkit dari keraguan ini,
dan bekerja keras dan tegas
di atas semua kebimbanganku.

Tuhan, gembirakanlah aku
dalam kehidupan yang sejahtera.

Aamiin

==========================

Wahai jiwa yang melayang bimbang
dalam ketidak-tegasan, 

Sini, mendekatlah engkau kepadaku.

Duduklah sini bersamaku,
dan heningkanlah pikiran dan hatimu.

Sekarang, pinjamkanlah telinga hatimu
bagi bisikanku ini,

Adikku, damailah

Ini semua,
memang tak semudah yang mereka katakan,
tapi tak mungkin sesulit yang kau bayangkan.

Bebaskanlah dirimu untuk mencoba.

Sana, bahagiakanlah dirimu.

I love you

Mario Teguh

=========================

Pak Mario!
Kapan saya dewasanya? 

Begini,

Kedewasaan itu bukan masalah usia
atau pengalaman.

Kedewasaan itu masalah pengendalian diri.

Mau bicara yang kasar dan norak; tahan,
pikirkan akibatnya, bayangkan penyesalannya.

Mau marah; tahan dan tunggulah sebentar,
lalu sampaikan harapan Anda dengan sabar.

Selalu, hanya katakan dan lakukan yang baik, … itu!

Mario Teguh

================================

Adikku yang merindukan belahan jiwamu, 

Kualitas yang terpenting bukan pada orang
yang kau harapkan menjadi belahan jiwa,
tapi padamu yang akan jatuh cinta kepadanya.

Jika engkau tidak membeningkan hati,
menjernihkan pikiran,
dan tidak mengindahkan perilakumu;
engkau akan mudah jatuh cinta
kepada pribadi yang akan mengecewakanmu.

Belahan jiwamu hanya seindah jiwamu.

Mario Teguh

================================

Pak Mario,
apa lawan dari keras kepala?
Saya sering terbentur. 

Orang muda yang hebat
biasanya keras kepala,
sampai terbentur dan akhirnya
ikhlas menerima yang baik baginya.

Saya dulu juga suka ngeyel.

Hanya saja saya berhati-hati,
agar tidak ngeyel terhadap yang baik.

Lawan dari keras kepala,
bukanlah gembuk kepala,
tapi ikhlas menerima yang baik.

Mario Teguh

=======================

Gading yang retak
adalah gading yang sempurna. 

Gading yang TAK retak,
biasanya terbuat dari akrilik.

Kekurangan Anda adalah sesungguhnya
rahmat yang menuntun menuju kelebihan Anda.

Jadilah jiwa yang sempurna,
yang ikhlas menerima kekurangan
sebagai perintah untuk menumbuhkan kelebihan,
dan menjadikan kekurangan sebagai hiasan
pengindah pribadi Anda.

Mario Teguh

==============================

Untuk yang hatinya letih: 

Tuhanku Yang Maha Lembut,

Aku letih dengan tidak baiknya
sikap orang yang seharusnya mengerti
niat baikku.

Mengapakah Engkau mengijinkan
orang yang kubaiki
tidak berlaku baik kepadaku?

Aku tahu, ini pasti untuk kebaikanku.

Maka aku mohon,
kuatkanlah keikhlasanku
untuk memperbaiki sikapku
terhadap orang dan keadaan
yang tak bisa kuperbaiki.

Tuhan, kosongkanlah dadaku dari beban.

Aamiin

===========================

Adikku yang kukasihi, 

Sesungguhnya kemarahanmu itu
karena engkau mengira
bahwa dia merendahkanmu,
yang tak mungkin mampu dilakukannya,
selama engkau dalam perlindungan Tuhan.

Maka, maafkanlah.

Memaafkan adalah penyejuk hati yang marah,
penenang pikiran yang mendendam, dan
pelembut tutur kata yang mendidih
dengan niat membalas.

Maafkanlah.

Mario Teguh

===========================

Rasa sedih telah lama menjadi ruang tunggu, untuk diselamatkan tanpa mengupayakan kepantasan untuk diselamatkan. 

Kebahagiaan tidak datang dari luar, tapi tumbuh di dalam hati Anda, yang membibit dari kesyukuran dan berkembang karena ketegasan untuk memilih kebaikan sebagai jalan hidup.

Lakukanlah sesuatu dari hati Anda yang bersyukur, lalu perhatikan apa yang terjadi.

Mario Teguh

===========================

Hmm … what a beautiful day! 

Terima kasih Tuhan,
telah Kau ijinkan kami
untuk hidup dalam
lindungan kasih sayang-Mu.

Tuhan kami Yang Maha Sejahtera,

Jagalah dan tenagailah aku hari ini,
dalam upayaku untuk membeningkan hatiku,
membersihkan pikiranku, dan
mengindahkan perilaku-ku kepada sesama.

Sampaikanlah aku
di depan pintu rezeki yang besar,
dan bahagiakanlah aku dengan
kemudahan untuk membukanya.

Aamiin

================================

Tuhan kami Yang Maha Pemurah,

Kami mohon Engkau membesarkan hati kami
agar mudah bagi kami melihat pelayanan besar
di balik tugas-tugas kecil.

Kami memohon agar Engkau memudahkan
upaya kami untuk menemukan pekerjaan
yang baik,
atau menjadikan pekerjaan apa pun
sebagai pekerjaan yang baik,
dan yang kemudian kami jadikan
sebagai tugas-tugas kami
dalam melayani sesama.

Tuhan, kayakanlah kehidupan kami.

Aamiin

Kuliah masuk pos Kampling!!!

Posted: 18 November 2010 in cerita hariku

Sebelumnye, aye mw ngucapin “Met idgul Adha” dulu nie.. mumpung masie  bau-baunye idul adha belon ilang.. hohohoo…. ane rasa, ude waktu nye QT berbagi dg sesama.. tapi kl aye liat-liat  di tipi-tipi ,  aye malah jadi ngeri.. ntu ibu-ibu ama orok nye pada berebut cm lantaran ada daging gratis beberapa kilo..

hutf… nyawa ny  d taruhin buat makan daging.. ade nyang keinjek2, ada nyang nyampe pingsan, de le el.. kasian tau aye ngliat nye.. menurut aye ni, itu cerminan tuk rakyat indonesia raya nyang merdeka-merdeka ini, mayoritas hidup d atas garis kemiskinan, ato malah d bawahnye..  hem. udah ah.. ka ga useh ngomongin nyang pegituan.. di omongin pun, kite ka gak bise berbuat ape-ape, juga kaga bise bantu mreka yg berkesusahan… huft..

okelaa.. kite balik aje nyok k topik nyang ade d atas..

ini kisah bermula dari karna aye kerajinan masuk kulyah.  kemaren.. tepat hari idul adha, aye sms temen aye si Huda.

“Hud, jangan lupe ye.. buku nye lo bawa.. ude d tanyein ni ma nyang punye..”

ane tunggu-tunggu  eh.. ntu orang kaga bales-bales. lama udah nunggunya, si dia-nye tlp. aye sempet mikir sebelum ngankat tu tlp. lhah.. kaga dari tadi aja telpunnye.. udah sampe karatan nie nungguinnye. nie pasti mw pamer pulsa ne ke aye.. ehheheh

ude ane semangat ngankat tu tlp, die bilang “sori na,, aye lagi d rumeeh…ka ga masul kulyah.. yah.. namanye juge lebaran.. masak kulyah muluyah.. dengan hati kecewa, aye iye-in aje ntu omongan si huda..

aye nganggep ntu orang nyang rajin kulyah.. aye pikir.. yah.. nyang rajin aje ka ga kulyah, masak aye kulyah sii??

akhirnye, aye santei-santei deh d rumeeh. liat tipi acara Uya Emang Kuya. aye demen dah ntu acara. gokil bener…. udah setengah acara aye nonton, tiba-tiba ada suara motor berenti d depan rumeeh aye. langsung dah.. aye celingukan, sape juga nyang dateng pas sore-sore gt.. sambil aye sembunyi-sembunyi gitu dah.. karna wajah aye nyang manis nye minta ampun karna belon mandi ini.. heheheh

eh.. tau nye.. usut punye usut, ternyata temen aye nyang dateng. aye ma temen aye nyang satu ini, kemane-mane bareng, kl istilah jawanye ni, “Kaya Gombal Sama Serbat deh” hehehe… aye ame die tu same aje,. kl die di bilang rajin, berarti aye juga rajin. kl dia d bilang males, berarti aye ka ga jauh-jauh deh dari sono.. hihihii. langsung tanpa pikir panjang lagi, aye langsung tancep gas ke kamar mandi. yah.. biarpun kaga mandi, minimal aye kaga kliatan jelek-jelek amat deh..

setelah selesai menunaikan tugas ane nyang paling mulia ini, kenapaaye bilang ini tugas nyang mulia? karna aye berniat, ini buat ngehormatin temen aye nyang sekarang ade d rumeeh & jadi tamu dadakan aye.. hihihii

aye langsung nemui ntu temen aye nyang ude nungguin lama d depan. dia ngajakin brangkat kulyah. tuh kan.. bener ape aye  bilang, kl die rajin, berari aye juga rajin dong… ude aye ceritain kronologis perbincangan  tentang aye & Huda.  eh.. temen aye nyang satu ini kaga mw tau.. die bilang pengen ngampus.. akhirnya, die berhasil membujuk rayu diriku buat ikut die kulyah.. Brangkat dah kita. sampe d kampus, kaga rame kek biasanye.. yah.. namanya juga suasana lebaran..

dengan langkah asal-asalan,

 

*halah.. sift aye ude dateng. ini pertande aye kudhu cepet cabut dari sini.. besok deh aye lanjutin lagi kl aye ka ga lupe.. *

 

wokeyh.. tetep senyum yah.. ^_^ sampe jumpa besok..

kemarin lusa… tepat tanggal 14 agustus 2010, aku tidur sore-sore karna benar-benar capek pulang kerja… aku bangun menjelang maghrib. ku raih hapeku yang tergeletak d sebelahku agak jauh, ada beberapa pesan dierima. yah…tentu darinya. mau dari sapa lagi?? orang jarang banget ada pesen dari slain dia. yah.. tanpa pesan-pesan nya, hapeku SEPIIIIII………  dia hanya memanggil-manggilku dengan  panggilan sayangnya yang diberikan padaku dalam pesan itu. langsung saja aku bales dengan singkat tapi cukup memberikan jawaban tuknya. aku menunggu sebentar tuk menunggu balasan darinya. tak kunjung kuterima pesan darinya lagi.

adzan maghrib terdengar. aku langsung lari tuk meraih makanan apapun yg telah dihidangkan ibuku. seperti kebiasaan kaum muslim saat berbuka puasa, aku minum takjilku. kolak pisang campur, karna sambil nikmatin itu kolak, jadi gak tau kl dia udah bales pesanku… dia ngajak aku buka berdua.. waduh..mndadak banget!!! pikirku. mana aku baru bangun tidur pula.. aku juga udah pegang takjilanku. akhirnya kuputuskan tuk bilang “aku ni lagi buka…” dan akhir nya dia memutuskan tuk pulang.

Beberapa saat setelah menyelesaikan makan buka-ku & sholat, hape quwh bunyi. karna tak mau lagi ngeceain dia lagi.. langsung kuraih hape ku d deket meja kompikuwh… benar!! pesan darinya. dia mengucapkan slamat berbuka tukku.. aku membalasnya dengan segera. berisi ucapan slamat berbuka & permintaan maafku.

hem…. aku slalu kagum padanya… dia slalu meminta maaf  padaku walau dia tau dia benar.

dia menyalahkan dirnya sendiri atas gagalnya acara yg ia rencanakan. buka berdua denganku. memang sjauh ini, sampe pertengahan puasa ini, kami memang belum pernah buka berdua….

huft… hari ini…. padahal dia gak salah… aku aja yang tidur nyah kek keboo… ada banyak pesen masuk di henpunku, tetep aja si empunya ini kaga bangun2…. eeiitss.. tapi daku bukan turunan kebo loh yah…

hem…  dia akhirnya berkata “sman inget hari ini hari apa??”

ddeegg… haduuh.. hari apa yah?? hem.. yg pasti ini sabtu malem minggu. & jadwal dia emg ngapel (kek anak-anak ABG gitu). pikirku. tapi… kenapa sampe dia tanyain ini?? bukanny ini hal yg biasa???  hem…. pasti!! pasti!!! pasti hari ini ada yg istimewa baginya. yah.. pasti…!!! ku lihat kalender yang terpampang d dekat cermin riasku. hari ini… tanggal 14 Agusustus 2010. ada apa yah…?? aku masii ajah bingung.. & gak bisa jawab pertanyaan simple nya itu.

& seperti orang yg tau padahal gak tau, aku mnta maaf padanya atas kekeewaan nya. kupikir2 lagi… ada apa yah ditanggal 14 Agustus tahun kemarin?? ato tahun kemarin lusa??? & akhirnyah kutemukan jawaban.

14 Agustus 2009 merupakan pertemuan pertamaku dengannya. tepat saat aku berangkat ke Bali buat examination and practisse my english *tugas dari kapmus*. sebelumyah…. aku tak mengenalnya sama sekali. yah…benar sekali!!! dia adalah Tour Guide ku selama di Bali.

sejenak semua seperti kembali…. melayang anganku padanya yg tlah meninggalkanku. *sejujurnya, aku tlah meninggalkan hatiku & jiwaku bersamanya*

huft…. ntahlah….. tapi yang pasti, hidupku harus berlanjut… menyongsong kembali mimpi yg sejenak ku tinggalkan..

dibuyarkan lamunanku dengan bunyi hapeku yang tiba-tiba triak-triak  kaga karuan. yah…. pesan darinya lagi (jarang sekali yang lain). benar dugaanku… yah tentang ini.. ternyata hari pertemuanku dengannya merupakan hari istimewa baginya… hem… trimakasiihh… aku tersanjung…. aku mrasa sangat bersalah padanya… karna ternyata akupun baru tau… dia udah lama banget menungguku d depan rumah. dia bilang sungkan kl bertamu waktu orang buka puasa…  jadi dia tunggu aku d luar…. hem… begitu “siip” sopan santunnya… maklumlah… beliau seorang guru… jadi sangat jauh berbeda denganku yang hanya murid biasa & sangat tidak patut d teladani . -_-“!! hem……. berusaha meyakni bahwa ini tak gagal lagi…. berusaha meyakini ungkapan kutup yg berbeda itu saling tarik menarik. bukan kutup yg sama yg kan saling tarik. jadi, walopun kami berbeda, Q yakin… jika QT mau, pasti ada jalan tuk QT.. ^_^

smoga barokah yah  ilmu nyah pak guru…. smoga sukses pula sayangku…

untukmu yang slalu ikhlas & tersenyum.. ^_^

kemarin, pulang kerja perut keroncongan banget (maklumlah puasa…). uuppzzz… bole gak yah ngomong gini waktu puasa?? hem.. maaf deh Ya Allah…  gak aku ulangi lagi deh… inSYaAllah… hehheheh.. karna dah gak nahan, langsung aja aku nengokin meja makan… pengen tau…ibu lagi buatin apa sih buat kluarganya tercinta ni…. ibu masih masak. tapi, d meja udah ada telor dadar, ikan semar goreng & pisang ambon… wwwuuiiihh.. liat pisang ambonnya yang ijo2 gitu..lagsung ngiler dah ni mulut…. udah lama gak makan tu pisang…. spontan aja aku triak “yeeeee…..Ada pisang ambon.. wah.. buka ny kurang brapa menit yah??” padahal aku pulang kerja itu jam 2 siang… hehehhe.. saking gak sabar nyah…

ibu baru aja selesai masak.. trus duduk di sampingku & berkata

ibu : “nduk, itu pisang ambon yang bawa si mbah (nenek)  temen ibu waktu haji… dia kesini bawa pisang ambon itu & mie empat bungkus..”

aku : ” ?#@!!$@#%!%$#!%##! ” (gak ngerti… soal ny dah dari sono ny lemot..). ibu yang mengerti atas ketidak mengertianku, langsung menjelaskan..

ibu : ” mbah itu kesini bawa itu ‘ngenek2ne’ (bahasa Indonesia : mengada-adakan. red ). andai pantas tuk ditolak, mungkin ditolak. kasian orang yang memaksa kemampuan nya…

aku berfikir.. bener juga yah?? kasian jika orang yang gak punya, trus pengen ngasih orang lain trus memaksakan kemampuannya. yang terlintas d pikiranku adalah anak2nya. kemana anak-anaknya ditemani siapa si nenek datang ke rumah ini??

Aku : “dateng kesini masak sendiri?? sudah hajikan??” .Ku pikir orang haji itu hanya orang yang kaya. tapi ibu jawab

ibu :  “gak.. sama cucunya.. orang bisa naik haji itu banyak sekali caranya. ada yang dari hasil jerih payah nya, ada yang dihajikan oleh seseorang, dan lain sebagainya. & kalo udah tua, kemungkinan besar ada yang d hajikan oleh anak-anaknya, ato mreka menjual sawah mreka tuk berhaji… tidak semua orang yng berhaji itu kaya. Tapi MAMPU.” aku mulai mengerti… lalu ibu melanjutkan “d sana (mekkah.red) kita sama saja. ketika kita pulang & kembali kerumah masing2, kita akan kembali seperti yang sebelumnya.”

aku : “emang mbah itu ksini ada perlu apa bu??”

ibu : “beliau bingung… minggu depan adalah giliran reunian haji d ruamh beliau.”

aku : ‘kenapa bingung??”

ibu : “beliau bingung , apa yang bisa beliau suguhkan ( jamukan) tuk teman-teman. karna sebelum-sebelumnya di rumah teman-teman haji lain d waktu-waktu sebelumnya beliau melihat berbagai macam suguhan tersedia disana. beliau sangat ingin segera diadakan reunian itu dirumah beliau karna beliau takut apabila terlalu lama menunggu untuk ngumpulin duid buat biaya reuni, beliau takut  akan meninggal dulu sebelum reuni d adakan d rumahnya.”

dddeeeggg… sejauh itu si nenek berfikir.. hingga tentang kematiannya….

aku tak tau brapa umur nenek itu. tapi, ibu bilang, dulu waktu d Tanah Haram, ia berjalan bersama ibu & abah (ditntun).  yah…nenek itu berjuang… berusaha dari saat ia haji (setiap umat muslim menginginkan ini), sampai detik ini… hanya ia yang tau dan mengerti tentang perjuangan yang telah ia lakukan.& sekarang, ia ingin bertemu & bernostalgia dg kawan2nya.. ia berusaha sampai tentang kematiannya nanti menjemput…

dari sini aku bisa berfikir bahwa “setiap orang membawa kisahnya masing-masing. & setiap kisah itu menakjubkan. tentang perjuangan, tentang keikhlasan, tentang harapan juga tentang cinta…& semua itu menakjubkan!!! “

“& kematian itu adalah hal yang pasti!!!  manusia tak boleh melupakan suatu hal yg pasti akan datang padanya. mati.”

Rasa tuk Hari ini

Posted: 13 Agustus 2010 in cerita hariku

13 Agustus 2010

weh….dah gak krasa aja nie si waktu ngehadirin hari special buat umat muslim sedunia lagi…yah.. RAMADHAN…ia hadir lagi…..

hari ini adalah hari ke 3 d bulan ramadhan…

tapi kurasa gak seperti tahun2 yang tlah lalu…

entahlah…  kurasa berbeda… ada yg kurang.. bahkan sangat!!

sepertiny hatiku terlalu hitam… sampe2 aku gak nemuin “rasa” dalam awal ramadhan ini…

yah.. aku memang banyak sekali melakukan kesalahan..sangat banyak..

tapi sungguh… aku ingin memperbaikinya… walo terkadang aku gak tau cara ny gimana & harus ku mulai dari mana…

Q bingung… Q hanya tau bahwa aku ingin menjadi orang ‘baik’.

aku pengen nemuin ‘makna lain’ dari ramadhanku…

hem……… insyaAllah besok lanjut lagi yah……… jam segini dah nguuaaannttuukk banget aku…….. HhhOOAAMMMZZZ….

Selamat datang dunia

Posted: 5 Januari 2010 in curhat...curhat...

dunia begitu indah ketika kita mau membuka mata & hati kita… membuka mata tuk melihat keindahan & kerusakan dunia agar kita slalu dapat bersyukur.. membuka hati kita tuk berbesar hti menerima garis yang tlah d tetapkan.. ^_^

kemaren sore ade gua beli sendal baru buat hari raya eni….biasalah….anak kecil….kl hari raya musti minta yg baru…..trus, die milih-milih sendal d toko ama bonyok gua. akhirnyah, dia seneng ama sepasang sendal nyang d pajang d toko ntu….di beli dah ntu sendal dari pada ade gua klesotan d toko orang gara-gara nda d turutin kemauan nyah..kan tambah malu-maluin…..

sampe rumah, gua lihat-lihat tu sendal nyah ade gua…..

sambil batin dihati “bagus juga…..dari merk nyang dah membumi d Indonesia….kek nyah ni sendal awet…..nda salah klo harga nyah segini….”
habis ntu, gua lihat-lihat lagi tu kotak tempat sendal…
eh….ada kertas….apaan yah??gua buka jah….

tau gak isi nyah apa??
coba deh tebak??

bukan..!!salah klo elo  ngira gua menang undian….

pasti gua traktirin elo-elo pade kalo sampe gua menang undian..hehehe….tapi nda janji….cm kl lagi inget ajah deh..hehehe

hem..
ternyatah….isi nyah ntu
Puisi!!!

wuih….memurut gua eni puisi..siip dah poko nyah
ni…gua tulisin puisinyah…beri komen deh…ape eni pusisi bagus??ape pikiran elo same kek gue??

judulnya…

“Disaat Daku Tua”


Disaat daku tua, bukan lagi diriku yang dulu

maklumilah diriku, bersabarlah dalam menghadapiku


Disaat daku menumpahkan kuah sayuran dibajuku,

disaat daku tidak lagi ingat cara mengikat taki sepatu,

ingatlah saat-saat bagaimana daku mengajarimu,

membimbingmu untuk melakukannya.


disaat daku dengan pikunnya mengulang

terus menerus ucapan yang membosankanmu,

bersabarlah mendengarkanku, jangan memotong ucapanku,

dimasa kecilmu, daku harus mengulang dan mengulang terus sebuah cerita yang telah daku ceritakan ribuan kali,

hingga dirimu terbuai mimpi.


Disaat daku membutuhkanmu tuk memandikanku,

janganlah menyalahkanku, ingatlah dimasa kecilmu,

bagaimana daku denagn berbagai cara membujukmu untuk mandi?


Disaat daku kebingungan menghadapi hal-hal baru dan teknologi modern,

janganlah mentertawaiku.

renungkanlah bagaimana daku dengan sabarnya menjawab

setiap “MENGAPA” yang engkau ajukan d saat itu.


disaat kedua kakiku terlalu lemah untuk berjalan,

ulurkanlah tanganmu yang muda dan kuat untuk memapahku.

bagaikan dimasa kecilmu daku menuntunmu melangkahkan kaki untuk belajar berjalan.


Disaat daku melupakan topik pembicaraan kita,

berilah sedikit waktu padaku tuk mengingatnya.

sebenarnya, topik pembicaraan bukanlah hal penting bagiku

asalkan engkau berada disisiku untuk mendengarkanku,

daku telah bahagia


Disaaat engkau melihatku menua, janganlah bersedih.

maklumilah diriku, dukunglah daku.

bagaikan daku terhadapmu, disaat engkau mulai belajar tentang kehidupan.


Dulu daku menuntunmu menapaki jalan kehidupan ini.

kini, temenilah daku hingga akhir jalan hidupku.

berilah daku cinta kasih dan kesabaranmu,

daku akan menerimanya denagn senyuman penuh syukur.

di dalam senyumku ini, tertanam kasihku yang tak terhingga padamu.


walaupun seseorang telah melakukan beribu-ribu kebajikan, tetapi tidak melakukan bhakti kepada Ibu dan Ayah, kebajikannya hanyalah sia-sia belaka.

Hem…gmn nih pendapatnyah tentang tulisan itu? kira-kira dalam rangka apa yah kok pabrik sendal nyelipin itu tulisan d dalam produknyah…?? ato si boss dari pabrik tu sendal lagi tobat yak?? hehehe…

gua  jadi inget nih ma nasehat nyokap gua…nyokap gua pernah bilang..

“nduk, kalo embah ngomong apa-apa itu iya in ajah…nda sah d sanggah. embah itu dah tua ndhuk… ibuk juga suka digituin nduk ma si embah. tapi ibu diem. nduk, suatu saat ibu akan jadi seperti embah. apa endhuk akan bersikap seperti itu k ibu suatu saat nanti”

bbbeeggghh..serasa langit runtuh….

masYaALLah..keadaan gua waktu campur aduk…marah, campur kesel, kasian, benci, patah hati, de el el,  malah nangis lagi dengar nyokap tercinta gue ngomong kek gt…

bbbbeeeeggghh…

gua jadi nyadar, nyokap gua bener dg sikap diem nya karna tingkah nenek gua yg aneh-aneh (harus nya gue maklum yah kek d tulisan itu..yah..name nye aje egois nye masi gedhe). nyokap gua bener dengan sikap nyah nyang lebi bijak ntu…

I Love you mom

gue janji dalem ati gue.. kalo gue akan jagain ortu gua bae-bae…berikan hal nyang terbae buat mreka…juga mencoba tuk jadi lebih bijak dari mereka…